Pemalsuan Susu

Leave a comment

September 6, 2012 by nurhudafaisal

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Susu merupakan cairan yang banyak mengandung gizi yang baik. Pada susu banyak ditemukan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Untuk itu kualitas dari susu perlu diperhatikan agar tidak merusak kandungan dari susu tersebut. Di dalam kondisi lapang, banyak sekali ditemukan kecurangan dengan memalsukan maupun menambahkan larutan atau zat ke dalam susu. Di Indonesia, susu masih merupakan komoditi peternakan yang terbilang mewah. Dari situlah banyak pihak ingin maraup keuntungan dengan melakukan pemalsuan pada susu.
Pemalsuan pada susu yang sangat mudah dijumpai adalah dengan menambahkan susu dengan air.Hal ini akan menambah volum dari susu tersebut dan susu akan dihargai dengan sedikit lebih mahal. SEalin penambahan air, peningkatan volum susu jug adapt dilakukan dengan penambahan air tajin, susu kaleng, santan , bahkan soda kue. PEmalsuan dengan menggunakan susu kaleng emmiliki kelebihan diantaranya bau yang harum susu serta warna yang relative tidak jauh berbeda dengan susu asli. Selain untuk menambahkan volum, pemalsuan juga digunakan untuk mempertahankan sifat susu. Pemalsuan seperti ini dilakukan dengan penambahan larutan formalin ke dalam susu.

Tujuan
Praktikum kali ini bertujuan untuk menguji pemalsuan yang terjadi pada setiap sampel susu meliputi uji pemalsua dengan air, uji pemalsuan dengan santan, uji pemalsuan dengan air tajin, uji pemalsuan dengan penambahan susu kaleng, uji pemalsuan dengan penambahan soda kue dan uji pemalsuan dengan menambahkan larutan formalin.

MATERI DAN METODE

Materi
Bahan yang digunakan dalam pengujian pemalsuan susu dengan air dan pemalsuan dengan santan adalah sampel susu. Pada uji pemalsuan dengan air tajin menggunakan bahan sampel susu, larutan asam asetat, dan lugol. Uji pemalsuan dengan susu kaleng menggunakan bahan sampel susu, ressorcin dan HCl 32%. Sampel susu dan bromtimol biru digunakan untuk menguji pemlasuan air susu dengan soda kue. Pemalsuan susu dengan formalin menggunakan bahan seperti larutan HsSO4 pekat (96%), larutan feriklorida dan sampel susu.
Alat yang digunakan dalam pengujian pemalsuan susu dengan air yakni menggunakan laktodensimeter. Pada pemalsuan susu dengan santan, digunakan kaca objek, kaca preparat dan mikroskop. Uji pemalsuan dengan air tajin menggunakan tabung reaksi, pipet, kompor, gegep dan kertas saring. Alat yang digunakan dalm uji pemalsuan dengan susu kaleng adalah cawan porselen, pengaduk, kompor dan pipet. uji pemalsuan susu denagn penambahan soda kue menggunakan tabung reaksi dan pipet. Tabung reaksi dan pipet juga digunakan dalam uji pemalsuan dengan formalin.

Metode

Pemalsuan air susu dengan air
Sampel susu dimasukkan kedalam gelas ukur. KEmudian dimasukkan laktodensiimeter secara perlahan. Tunggu suhu stabil lalu diukur berat jenisnya. Berat jenis yang berbeda jauh menandakan susu telah diencerkan dengan air.

Pemalsuan air susu dengan santan
Sampel susu diteteskan diatas gelas objek. Kemudian sampel dilihat di mikroskop. Butiran lemak dari san tan terlihat bulat dan lebih besar dibandingkan dengan butiran lemak susu.

Pemalsuan air susu dengan air tajin
Susu dimasukkan sebanyak 10 ml ke dalam tabung reaksi. Setelah itu ditambahkan asam cuka sebanyak 0,5 ml. Sampel yang telah homogeny kemudian dipanaskan dan disaring. Sampel yang telah diambil filtratnya kemudian ditambahkan empat tetes cairan lugol. Perubahan warna yang terjadi kemudian diamati.

Pemalsuan air susu dengan susu kaleng
Cawan porselen dimasukkan resorcin sebanyak 100mg, sampel susu 25 ml dan 2,5 ml HCl 32%. Setelah dihomogenkan, Sampel tersebut kemudian dipanaskan hingga terjadi perubahan warna.

Pemalsuan air susu dengan soda kue
Sampel susu dimasukkan sebanyak 10 ml ke dalam tabung reaksi. Selanjutnya sampel tersebut ditambahkan dengan 1 ml bromtimol biru. PErubahan warna kemudian diamati

Pemalsuan air susu dengan formalin
Larutan HsSO4 pekat (96%) dimasukkan ke dalam tabung reaksi sebanyak 5 ml. Kemudian larutan tersebut ditambahkan dengan empat tetes larutan feriklorida. Secara perlahan kemudian ditambahkan sampel susu sebanyak 10 ml dengan meneteskan sampel susu pada dinding tabung. Perubahan warna kemudian diamati.

PEMBAHASAN

Susu merupak produk peternakan yang mudah dipalsukan. Pada data sampel diatas, terlihat bahwa semua sampel susu mengalami pemalsuan. Pemalsuan yang terjadi mulai dari denagn penambahan air, penambahan santan, penambahan air tajin, penambahan susu dengan susu kaleng, penambahan dengan soda kue maupun dengan menambahkan formalin.
Sampel susu A terindikasi bahwa susu telah dicampur dengan santan karena terlihat gumpalan lelmak santan bila menggunakan mikroskop. Hal ini terjadi karena santan memiliki molekul lemak yang lebih besar dibandindingkan lemak susu karena molekul lemak nabati lebih beesar dibanding molekul lemak hewani. Bila diamati dengan mikroskop, maka penampakan molekul lemak menjadi tidak seragam (heterogen). Lemak pada susu normalnya berkisar antara 3-8% (Siregar,1995). Selain itu, pemalsuan susu dengan santan menyebabkan susu akan berbau seperti kelapa.
Sampel B terindikasi bahwa susu telah dipalsukan dengan penambahan air. Penambahan air pada susu merupakan cara yang paling sederhana, namun paling mudah pula diketahui. PAdad kasus pemalsuan susu dengan air, cukup mencelupkan alat laktodensimeter ke dalam susu. Jika berat jenis yang terlihat jauh dari 1,028 (SNI 01-3141-1998), maka susu dimungkinkan telah diencerkan dengan air. Susu yang dipalsukan dengan air terlalu banyak akan menimbulkan bercak biru pada susu (Anonim. 1998). Sampel susu yang dicampur air akan menurunkan berat jenis susu mendekati air yaitu sebesar 1 dan menurunkan titik didih susu mendekati titik didih air. Selain itu, dengan menambahkan air pada susu maka akan menurunkan kadar lemak, protein dan kadnungan bahan keringnya.
Pemalsuan susu dengan tajin terlihat pada sample C. Air tajin memiliki keuntungan untuk memalsukan susu, diantaranya warnanya yang putih dan air tajin masih mengandung vitamin dan karbohidrat yang berasal dari beras. Pada pemalsuan dengan menggunakan air tajin, reaksi positif penambahan akan menimbulkan warna biru dan kuning untuk hasil negative penambahan (Wahyu.J.1985). Warna biru yang terbentuk merupakan hasil reaksi antara amilum dengan lugol.
Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam menyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama. Senyaw a ini disebut juga baking soda (soda kue), Sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini digunakan dalamroti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti “mengembang” (Holleman & Wiberg). Pada sampel D, susu terindikasi mengalami penambahan dengan soda kue. Soda kue bila bereaksi dengan air akan mejadi persamaan berikut NaHCO3 + CH3COOH → CH3COONa + H2O + CO2, Gas CO2 hasil reaksi akan menimbulkan buih dan secara tidak langsung menaikkan volum susu.
Formaldehde atau biasa disebut dengan formalin adalah larutan organic dengan rumus kimia CH2O. Formalin merupakan bentuk aldehid yang paling sederhana. Pada temperature ruang, formalin berwujud cair yang bening dengan aroma yang tajam. Ketika dilarutkan didalam air, formalin bergabung dengan air dan membentuk metanediol atau metilen glikol H2C(OH)2. Formalin jarang ditemukan pada makhluk hidup. Formalin merupakan penyebab utama dari keracunan methanol, karena methanol dimetabolisme menjadi formaldehid beracun oleh dehidrogenase alcohol. Makanan yang terindikasi terkontaminasi formalin adalah mi, ikan asin, tahu, daging ayam dan bir. Pada manusia, mengonsumsi bahan makanan yang mengandung formalin dapat menyebabkan muntah, sakit perut, pusing dan dalam kasus yang ekstrim dapat menyebabkan kematian. Disamping itu, penggunaan formalin dalam bahan makanan dapat menyebabkan efek karsinogen. Sampel susu E terindikasi mengalami pemalsuan dengan penambahan formalin. Hasil positif pengujian adalah timbulnya cincin yang berwarna merah lembayung yang memisahkan batas antara kedua larutan.
Susu kental manis merupakan produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian besar air dari susu segar atau hasil rekonstitusi susu bubuk berlemak penuh atau hasil rekombinasi susu bubuk tanpa lemak dengan lemak nabati, yang telah ditambah gula (SNI 01-2971-1998). Penambahan susu dengan menggunakan campuran susu kaleng maupun susu kental manis merupakan pemalsuan yang mudah dan cukup efektif. Hal ini dikarenakan pada susu yang ditambahkan tidak terjadi perubahan warna maupun bau. Namun, penambahan dengan susu kaleng membuat sampel susu terasa lebih manis. Bila terjadi pemalsuan seperti pada sampel F, maka setelah percobaan akan didapati susu yang berwarna merah keunguan .Selain perubahan warna, bila diukur menggunakan laktodensimeter maka berat jenis susu akan bertambah.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 1998. Petunjuk Pengolahan Susu . Kanisius, Yogyakarta.
Holleman, A. F.; Wiberg, E. “Inorganic Chemistry” Academic Press: San Diego, 2001
Siregar. S. B. 2003. Penggemukan ;Sapi. Penebar swadaya. Jakarta
Wahyu. J. 1985. Beternak Sapi Perah. Yogyakarta; Gajah mada university press.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

tamaella

love chocolate and blueberry

tiputra's

feel my shine

annisakumalasuwandasari

The past can't see you, but the future is listening

alfaafascooter

Feel the experience and get a meaningfull life

LaraShaFauziah

chocolate addict

novalinainka

just a little piece puzzle of the world

de l'histoire

Laura Casalla's site

kartiniafriana

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

hafidz ilman albana

Prestasi adalah warna kehidupan

Yuri Chocoru

aku tidak bisa memilih untuk jatuh hati, aku hanya bisa memutuskan untuk menjalaninya atau tidak

ranggasandjaya

A fine WordPress.com site

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: